BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa ini banyak kita lihat pemasalahan yang
timbul di negara kita ini baik itu masalah ekonomi, pendidikan, dan jumlah
penduduk yang semakin lama semakin bertambah. Banyak kita lihat dikota-kota
besar termasuk di Jakarta ini yang masih membutuhkan pendidikan, salah satunya
pemenuhan kebutuhan pendidikan baik formal maupun non – formal sangat
dibutuhkan karena hal ini dapat memberikan dampak yang besar terhadap penduduk
dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Kita tau bahwa
pendidikan yang di terima dalam proses belajar di sekolah merupakan hal yang
bersifat umum atau tidak lebih memperdalam lebih jelas sehingga kita perlu
mengadakan suatu pembelajaran dimana, anak yang mau belajar harus memperdalam
pelajaran yang ia sukai dan pahami. Dalam hal ini, kami memilih untuk membuka
pembelajaran berbahasa inggris. Dimana itu yang sangat diperlukan saat ini.
Kemana pun kita pergi atau mencari suatu pekerjaan selalu itu yang kita hadapi
yaitu bahasa inggris karena bahasa inggris sudahlah merupakan bahasa
internasional. Sehingga jika anak-anak bangsa sudah mengenal dan memahaminya
serta menguasainya maka otomatis kita layak untuk berinteraksi, bekerja sama
dengan bangsa asing dan bias saja karena itu maka negara kita akan lebih maju.
1.2 Permasalahan
Dalam penulisan ini yang menjadi permasalahan
adalah:
a. Bagaimana model usaha kursus
yang akan dijalankan.
b. Tipe pengajaran apa yang akan
diterapkan dalam usaha kursus tersebut.
c. Ada manfaat yang diperoleh
masyarakat sekitar dalam mengusahakan bimbingan
kursus bahasa inggris.
d. Apa pengaruh usaha tersebut
terhadap kemajuan pendidikan untuk menunjang prestasi pada pendidikan formal.
1.3 Tujuan
a. Mengetahui model usaha kursus yang akan
dijalaankan.
b. Mengetahui tipe pengajaran apa yang akan
diterapkan dalam usaha kursus tersebut.
c. Mengetahui manfaat yang diperoleh masyarakat
sekitar lokasi dalam mengusahakan bimbingan kursus bahasa Inggris.
d. Mengetahui pengaruh usaha tersebut terhadap
kemajuan pendidikan untuk menunjang prestasi pada pendidikan formal.
1.4 Usaha yang Akan Dikembangkan
Dalam penulisan studi kelayakan usaha ini, kami
bertujuan merealisasikan dan mengembangkan usaha yang akan kami jalankan.
Adapun bentuk usaha yang akan jalankan adalah berupa perusahaan jasa yang
bergerak di bidang lembaga bimbingan belajar (kursus) Bahasa Inggris dengan
nama “English Centre” dengan memposisikan usaha kami sebagai pusat bahasa
Inggris percakapan atau spesialisasi percakapan. Dengan moto “The Place for Fun
and Quality” kami memiliki visi “EC is Better than Others” dan misi “EC Leads
You to Success”.
BAB II DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK
2.1 Aspek Pemasaran
Dalam bagian ini kami paparkan beberapa program
yang kami tawarkan dalam bimbingan bahasa Inggris yang akan kami realisasikan
dan kembangkan. Program ini sengaja dibuka untuk anak TK; SD; SMP; SMA atau
anak – anak yang ingin memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan cepat dan
mudah. Baik bagi pemula maupun yang sudah pernah kursus. Dengan metode
pengajaran yang begitu mudah, praktis, tidak teoritis dan materi yang disajikan
dalam bentuk percakapan atau diperagakan dengan gambar- gambar dan alat peraga,
dengan permainan, cerita – cerita lucu, dengan lagu – lagu dan teka – teki.
Adapun program yang ditujukan kepada pelajar
tingkat TK sampai SMA memiliki level/ tingkatan. Berikut tabel level/ tingkatan
beserta biaya perbulan masing – masing level.
No. Jenis Level/ Tingkatan Uang Kursus Kelas pagi
& siang Uang kursus Kelas Malam Pelajar
1. Level Pre Basic I (TK, SD) Rp. 25.000,-
2. Level Pre Basic II (TK, SD) Rp. 25.000,-
3. Level Pre Basic III (SD) Rp. 28.000,-
4. Level Beginner (SD, SMP) Rp. 28.000,-
5. Level Basic I (SD, SMP) Rp. 30.000,-
6. Level Basic II (SD, SMP) Rp. 30.000,-
7. Level Basic III (SMP, SMA) Rp. 30.000,-
8. Level Pre Intermediate (SMP, SMA) Rp. 30.000,-
Rp. 40.000,-
9. Level Intermediate I (SMP, SMA) Rp. 35.000,-
Rp. 45.000,-
10. Level Internediate II (SMP, SMA) Rp. 35.000,-
Rp. 50.000,-
11. Level Intermediate III (SMP, SMA) Rp.
40.000,- Rp. 55.000,-
12. Level Advance I (SMP, SMA) Rp. 40.000,- Rp.
60.000,-
13. Level Advance II (SMP, SMA) Rp. 45.000,- Rp.
65.000,-
14.Level Advance III (SMP,SMA)
Rp.45.000,-Rp.65.000,-
Tabel 1. Level/ tingkatan beserta biaya
Tabel 1. Level/ tingkatan beserta biaya
Sedangkan jadwal kursus yang kami berikan adalah
sebagai berikut.
Tabel 2.
Jadwal Kursus
Jadwal Kursus Di EC
Pagi 08.00 – 09.00 09.30 – 11.00
Siang 13.30 – 15.00 15.00 – 16.30 16.30 – 18.00
Malam 19.00 – 20.30
Semua pertemuan dilakukan secara reguler dua kali
dalam seminggu dengan durasi 90 menit/ pertemuan.
2.2 Aspek Yuridis
Dalam merencanakan sebuah usaha tidak hanya
memikirkan pay back priod – nya saja. Tetapi ada hal yang paling mendasar yang
harus pertama kali pengusaha lakukan untuk mempermudah pengembangan usahanya,
yaitu tinjauan aspek yuridis. Aspek yuridis berguna untuk bukti bahwa usaha
yang kita jalankan memiliki dasar hukum yang jelas. Sehingga usaha yang kita
jalankan dapat dengan mudah melakukan kerjasama dengan berbagai instansi karena
legal keberadaannya.
Aspek yuridis dapat dibuat menurut kategori
masing – masing usaha. Untuk tahap pertama kami membuat ijin dengan melapor
kepada ketua RT setempat untuk mengurus Surat Ijin Gangguan Lingkungan. Dimana
ijin tersebut dapat direalisasikan apabila disetuji oleh minimal 40 KK. Apabila
oleh masyarakat sekitar sudah diterima, maka langkah kedua adalah melegalkan
badan usaha yang akan kita jalankan. Setelah surat ijin gangguan lingkungan
selesai, maka dengan pertimbangan efektif, efisiensi, dan tepat guna maka kami
menggunakan jasa notaris untuk melegalkan usaha kami yang meliputi pengurusan
NPWP, TDP, SIUP.
2.3 Aspek Organisasi dan Manajemen EC
(English Centre)
berangkat dari sebuah lembaga yang berdiri karena
kemitraan, sehingga jumlah personil masih terbatas dan bahkan hasil rekruting
dari lingkungan mitra kuliah (teman di perkuliahan). Tetapi nantinya sejalan
dengan perkembangan perusahaan , maka harus ada perubahan baik system
rekruting, jumlah personal dan stratifikasi serta kualifikasi tenaga yang
dibutuhkan. Dalam pengertian ini, rekruting pekerja bertolak dari ukuran
kualitas sumber daya manusia, dan disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan yang
ada di perusahaan. Kini tenaga kerja di tempat kami masih berjumlah enam orang,
meliputi satu manajer, tiga guru, satu front office. Walaupun dengan personil
yang terbatas, namun kami dapat mengatasi kekurangan dengan menerapkan all in
one job desk. Dalam pengertian setiap orang yang menempati posisi tertentu memiliki
beberapa job desk yang bahkan tidak berkaitan dengan posisinya.
Karena dalam usaha ini, yang kami harapkan adalah
kualitas bukan kuantitas, jadi dengan keterbatasan personil kami dapat
meminimalisir cotibusion margin perusahaan. Walaupun terbatas, namun kami
memiliki SDM yang berkualitas. Hanya dengan SDM yang berkualitas, perusahaan
akan mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan kebutuhan untuk menjalankan
tugasnya. Di samping itu, kami senantiasa berusaha untuk menetapkan pola
strategi pemasaran yang dapat memenuhi kepuasan konsumen (costumer
satisfaction). Untuk memenuhi SDM yang sesuai dengan tuntutan manajemen, kami
menerapkan disiplin yang tinggi, sehingga dapat menangani pekerjaannya dengan
efisien, mampu mengendalikan mutu dan meminimalisir resiko.
Walaupun “EC” berangkat dari usaha kemitraan,
tetapi dalam pengelolaannya kami memberlakukan kaidah – kaidah manajemen
modern. Berangkat dari system organisasi yang tergolong sederhana, kami membuat
bangun organisasi dan tata kerja yang mampu menampung seluruh kegiatan
perusahaan. Sehingga jalur komando, jalur koordinasi, tugas dan tanggung jawab
tidak birokratis atau berbelit – belit namun jelas, terarah serta dapat
dipertanggunngjawabkan.
2.4 Aspek Teknik Pelayanan
Pada awal berdiri dan usaha sendiri kami
bermodalkan ruko (rumah dan toko) yang dimiliki oleh salah satu dari kami.
Pemanfaatan ruko tersebut sebagai lokasi kursus bisa dibilang sangat strategis,
karena terletak di Jl. Galur Sari Timur no. 78C Utan Kayu Selatan, Jakarta
Timur. Dimana di sekitar lokasi dengan radius 5 km terdapat lebih dari 30
sekolah, mulai dari TK sampai dengan SMA. Dengan kapasitas ruko yang memiliki
tiga ruangan yang dimanfaatkan sebagai kelas, tiap kelas dapat menampung 25
siswa, maka keseluruhan dapat menampung 75 siswa. Dengan fasilitas yang
standart diharapkan dapat meminimalisir cost dalam variable cost. Karena dalam
usaha ini kami tidak menyediakan fasilitas yang mewah, tetapi kami menyediakan
pengajaran bahasa Inggris yang berkualitas.
Dalam pelaksanaannya, kegiatan kursus ini akan
lebih mendekatkan costumer satisfaction guna menjaga keloyalitasan costumernya.
Ada beberapa hal yang menjadi key to success kami dalam menjaga keloyalitasan
costumer, yaitu meliputi:
1. Tangibles
fasilitas fisik yang ditawarkan kepada
konsumen. Dengan menempati ruko bangunan baru, suasana belajar akan terasa
nyaman dan kondusif.
2.Reliability
Konsisten dalam penampilan pelayanan dan
keandalan pelayanan.
Dalam membimbing pelajar, kami tidak hanya
memberikan materi baku yang hanya terdapat di kursus ini, namun kami selalu
membimbing mereka untuk menyelesaikan permasalahan mata pelajaran bahasa
Inggris di sekolah mereka. Seperti pembahasan PR yang diberikan guru sekolah,
pembahasan soal – soal menjelang ujian sekolah.
3. Responsiveness
kesigapan dan kecepatan penyedia jasa dalam
menyelesaikan masalah.
Dengan melakukan rapat rutin seminggu sekali, diharapkan tercipta rentang koordinasi yang solid. Sehingga jika suatu saat kursus kita memiliki permasalahan, maka dengan cepat masalah tersebut dapat terdeteksi dan dengan cepat dicari pemecahannya.
Dengan melakukan rapat rutin seminggu sekali, diharapkan tercipta rentang koordinasi yang solid. Sehingga jika suatu saat kursus kita memiliki permasalahan, maka dengan cepat masalah tersebut dapat terdeteksi dan dengan cepat dicari pemecahannya.
4. Assurance
kemapuan dan ketrampilan petugas,
keramahan, kepercayaan dan keamanan.
Dengan memiliki brand image sebagai The Plce for Fun and Quality, kami berani menjamin lulusan “EC” mampu berkomunikasi bahasa Inggris.
Dengan memiliki brand image sebagai The Plce for Fun and Quality, kami berani menjamin lulusan “EC” mampu berkomunikasi bahasa Inggris.
5. Emphaty
mudah dimengerti., mudah dipahami, dan
pemahaman terhadap keinginan konsumen.
Dengan menempatkan tenaga pengajar yang professional, diharapkan dapat memberikan materi yang menunjang kemampuan siswa didik.
Dengan menempatkan tenaga pengajar yang professional, diharapkan dapat memberikan materi yang menunjang kemampuan siswa didik.
Dengan menerapkan penilaian pada dimensi –dimensi
kualitas tersebut di atas, maka diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat,
diantaranya:
1. Hubungan antara perusahaan dan para pelanggannya menjadi harmonis.2. Memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang.
3. Dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan.
4. Membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan perusahaan.
5. Image perusahaan menjadi baik di mata pelanggan.
6. Laba yang diperoleh dapat meningkat.
2.5 Aspek Financial
Dalam menjalankan usaha kursus ini, sebenarnya
tidak terlalu membutuhkan dana yang besar. Seperti yang sudah kami utarakan
sebelumnya, bahwa kami memposisikan lembaga kami sebagai tempat kursus yang
berbiaya rendah namun berkualitas. Jadi hal – hal yang sifatnya tidak prioritas
tidak kami pergunakan agar contribution margin – nya rendah.
Jumlah biaya usaha secara keseluruhan ditaksir sebanyak Rp. 92.000.000,-
Yang diperinci dalam 5 komponen seperti diuraikan di bawah ini.
1.1 Biaya renovasi dan persiapan tempat kursus…………… Rp. 20.000.000,-
1.2 Biaya pekerjaan sipil……………………………………. Rp. 7.500.000,-
1.3 Perabotan dan peralatan belajar mengajar………………. Rp. 15.000.000,-
1.4 Perlengkapan administrasi………………………………. Rp. 5.500.000,-
1.5 Biaya pra-operasi………………………………………… Rp. 9.000.000,-
1.6 Continguensi…………………………………………….. Rp. 10.000.000,-
1.7 Modal kerja permanent………………………………….. Rp. 25.000.000,- +
Jumlah biaya usaha Rp. 92.000.000,-
Karena usaha ini didasari atas kemitraan, maka semua biaya diatas adalah hasil pengumpulan dana pribadi dari kami.
Perkiraan pendapatan usaha.
Dalam perhitungan perkiraan pendapatan usaha, kami hanya memperkirakan hitungan kasar saja. Sebab kami tidak dapat memprediksi secara akurat pangsa pasar yang dapat kita serap, namun tingkat kepercayaan untuk hitungan ini mencapai 90%. Dalam teori research methodology tingkat kepercayaan mencapai 90% sudah dibilang cukup.
No. Jenis Level/ Tingkatan Uang Kursus Kelas pagi & siang Uang kursus Kelas Malam Pelajar
1. Level Pre Basic I (TK, SD) Rp. 25.000,-
2. Level Pre Basic II (TK, SD) Rp. 25.000,-
3. Level Pre Basic III (SD) Rp. 28.000,-
4. Level Beginner (SD, SMP) Rp. 28.000,-
5. Level Basic I (SD, SMP) Rp. 30.000,-
6. Level Basic II (SD, SMP) Rp. 30.000,-
7. Level Basic III (SMP, SMA) Rp. 30.000,-
8. Level Pre Intermediate (SMP, SMA) Rp. 30.000,- Rp. 40.000,-
9. Level Intermediate I (SMP, SMA) Rp. 35.000,- Rp. 45.000,-
10. Level Internediate II (SMP, SMA) Rp. 35.000,- Rp. 50.000,-
11. Level Intermediate III (SMP, SMA) Rp. 40.000,- Rp. 55.000,-
12. Level Advance I (SMP, SMA) Rp. 40.000,- Rp. 60.000,-
13. Level Advance II (SMP, SMA) Rp. 45.000,- Rp. 65.000,-
14. Level Advance III (SMP, SMA) Rp. 45.000,- Rp. 65.000,-
Jumlah Rp. 446.000,- Rp. 380.000,-
Berikut adalah hitungan pendapatan dari biaya bulanan siswa.
Tabel 3. Biaya Rata – Rata per Bulan
1. Untuk biaya bulanan dari kelas pagi, siang dan sore rata – rata adalah:
446.000/ 14 level= Rp. 31.900,-dengan daya tampung 75 siswa maka Rp. 31.900,- x 75= Rp. 2.392.500,-
2. Untuk biaya bulanan dari kelas malam rata – rata adalah:
380.000/ 7 Level= Rp. 54.300,-dengan daya tampung 75 siswa maka Rp. 54.300,- x 75= Rp. 4.072.500,- +
Total pemasukan per bulan Rp. 6.465.000,-Taksiran pengeluaran rutin (fix cost)/ bulan
1. Rekening listrik, telepon, air…………………….. Rp. 1.000.000,-
2. Penyusutan peralatan kantor……………………… Rp. 700.000,-
3. Iuran keamanan………………………………….. Rp. 100.000,-
4. Biaya tak terduga…………………………………. Rp. 300.000,- +
Total fix cost/ bulan Rp. 1.100.000,-
Taksiran Laba kotor
Laba kotor =Total pemasukan – Total fix cost = Rp. 6.465.000 – Rp. 1.100.000
Laba kotor= Rp. 5.365.000,-
Taksiran Pay Back Period
Dengan total biaya usaha sebesar Rp. 92.000.000 dan laba kotor per bulan Rp. 5.365.000,-
maka akan diperoleh pay back period selama:
Rp. 92.000.000,- = 17, 148 bulan atau + 18 bulan
Rp. 5.365.000,-/ bulan
BAB III KESIMPULAN
1. Model usaha kursus yang kami jalankan adalah bimbingan belajar bahasa Inggris yang memiliki positioning sebagai special for conversation, karena tujuan utama seseorang belajar bahasa Inggris adalah agar dapat berkomunukasi dengan baik. Untuk itu, proses pembelajaran kami lebih condong pada praktek bukan teoritis.
2. Tipe pengajaran yang kami terapkan adalah general English (percakapan sehari – hari).
3. Manfaat yang diperoleh masyarakat sekitar adalah dapat meningkatkan prestasi belajar putra – putrinya.
4. Kebijakan pemerintah yang melarang sekolah negeri untuk menyelenggarakan pelajaran tambahan dengan memungut biaya, maka bimbingan kursus sebagai alternative guna menunjang prestasi siswa.
Jadi, berdasarkan hasil studi kelayakan yang kami
bahas di atas maka dapat disimpulkan bahwa usaha yang akan kami lakukan
memiliki kelayakan untuk direalisasikan sebesar 90%. Hal tersebut merujuk pada
berbagai aspek yang kami tinjau untuk mengetahui usaha yang akan kami lakukan
feasible atau tidak. Secara keseluruhan usaha kursus bahasa Inggris memiliki
prospek yang cerah untuk dilakukan. Karena didukung oleh kebijakan pemerintah
yang melarang sekolah negeri untuk menyelenggarakan kursus atau pelajaran
tambahan yang memungut biaya dari siswanya. Maka dari itu, siswa memilih
lembaga kursus sebagai pendidikan non-formal guna menunjang prestasi
belajarnya.
BAB IV PENUTUP
Demikianlah proposal yang kami buat, semoga para
donator dan Saudara/I yang berkenan membantu kami dapat berpatisipasi dalam
rangka memajukan negara kita tercinta ini lawat bimbingan belajar yang kami
rancangkan. Atas perhatian Saudara/I kami mengucapkan trima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar