Rabu, 24 April 2013

Andai Aku Menjadi Menteri Perekonomian


Waow… saya harus bagaimana ya….? Mendengarkannya saja, saya jadi berpikir ini memang tugas nih yang perlu untuk dikerjakan walaupun sebenarnya hanya opini dari saya. Tapi itu sangat perlu, supaya kalo misalnya kita nantinya  kedudukan seperti itu, ya…. Sudah ada sedikit bekal dari kita atau mungkin ketikan menteri perekonomian melakukan browsing tiba-tiba yang muncul “Andai Aku Menjadi Menteri Perekonomian” maka sedikit ada penambahan untuknya untuk membenahi perekonomian bangsa ini. Tapi memulai dari mana sih… karna seorang menteri itu harus memiliki kuantitas dan kualitas yang tinggi sesuai tugas pokok dan fungsinya. Mempunyai rencana strategis (renstra) yang berorientasi pada kondisi yang diinginkan selama kurang waktu 5(lima) memiliki potensi, peluang, dan kendaala yang ada atau yang mungkin timbul. 

Menerut saya, menjadi menteri itu tentulah tidak mudah apa lagi menjadi menteri perekomian. Karna menjadi menteri itu merupakan tanggung jawab besar sesudah kepala negara. Tugasnya mengembang dan berlanjut hingga satu periode atau selama lima tahun dengan tujuan utama membangun dan menyejahterakan masyarakat sehingga terhindar dari berbagai kesulitan, kemiskinan dan lain sebagainya.

Yang saya lakukan, jika saya menjadi seorang menteri perekonomian adalah dengan mengatur perekonomian dibidang agraris menjadi lebih baik, mengatur perekonomian di bidang industri dan jasa.



Bidang Agraris ( pertanian)
Selama ini memang sudah bagus tapi menurutku kurang efesien, buktinya belum lama ini kita mengalami kenaikan 100% atau lebih dari harga bawang, baik bawang merah maupun bawang putih itu pun inpor dari luar, buah-buahan semakin naik tingkat inpornya, hutan yang semakin merosot dan lian-lain. Nah.. bagaimana membenahinya…? Dengan turun lapangan jangan hanya asal memerintah saja dan juga dengan memberikan solusi bagaimana membenahi semua ini. Memang tidak mudah tapi dengan pertolongan Tuhan maka semuanya bisa berjalan dengan lacar. Membenahinya dengan cara membuka lahan di berbagai tempat contohnya di daerah-daerah terdalam seperti di Sulawesi, di Irian Jaya dan di pulau-pulau terpencil yang tingkat kesuburan tanahnya bagus dan melakukan penelitian kesuburan tanah untuk memastikan tanaman apa yang cocok dengan tanah tersebut. Dengan itu para penganggur atau para pengamen, pengemis yang tersebar di pulau jawa ini akan kembali ke kampong halamannya dan bekerja di berbagai perkebunan tersebut. Terus mendapat hasil yang bagus, dan juga mengurangi pengangguran serta tidak lagi menerima inport dari negara lain bahkan kita mengeksport ke luar negeri.



Bidang industry
Dengan mengembangkan berbagai alat perindustrian, mesin-mesin, dan dengan memajukan teknologi yang ada sehingga penemuan-penemuan barabg baru bisa ada. Pabrik-pabrik yang ada di kembangkan lagi biar pruduk-produk dalam negeri itu tidak hanya setengah jadi di ekspor keluar negeri dengan harga yang murah terus di import lagi ke dalam negeri dengan harga yang mahal. Tetapi saya akan membenahi semua itu dengan bantuan yang lain pula untuk menghasilkan produk dengan tidak setengah jadi lagi tapi barang jadi dan di jual di Negara kita ini, bahkan kita eksport keluar negeri.

Bidang Jasa
Dengan membekali semua anak-anak bangsa melalui bersekolah sari tingkat TK sampai ke Perguruan tinggi, sehingga berkualitas dan berpengetahuan lebih tinggi dan menjadi penerus bangsa ini. Memajukan bangsa ini, dan tidak tergantung dengan bangsa lain lagi. Seperti bagaimana cara menyedok minyak bumi dari perut bumi, bagaimana mengolah sumber daya alam yang ada, sehingga tidak tergantung pada yang lain.

Lainnya, dengan memperhatikan pasar yang ada, supaya jauh dari kotoran, dari kekusukan sehingga para pembeli bisa dengan nyaman membeli barang yang ia mau. Karena pajak itu juga nanti tambahan untuk pendapatan nasional.

Demikian saja yang bisa saya andai-andaikan, trima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar