Rabu, 24 April 2013

PENGARUH VARIABEL-VARIABEL MAKRO TERHADAP PEREKONOMIAN SUATU NEGARA

Dalam teori ekonomi berbagai variable-variabel yang berpengaruh pada perekonomian suatu Negara yaitu:
1.    Investasi
2.  Tabungan
3.  Suku bunga
4.  Tingkat inflasi
5.  Pengeluaran pemerintah

Penjelasan:
a.   Investasi
Dalam teori ekonomi dijelaskan bahwa investasi merupakan pembelian modal atau barang-barang yang tidak dikonsumsi namun digunakan untuk kegiatan produksi sehingga menghasilkan barang atau pun jasa dimasa yang akan datang.

Pengaruh positif:
Dengan adanya investasi maka adanya kemajuan bagi Negara tersebut, adanya peningkatan untuk memproduksi barang atau jasa.

Pengaruh negatif:
Dengan adanya investasi seperti mesin atau yang sejenis maka fungsi dari para tenaga kerja sedikit berkurang oleh karena hamper semua pekerjaan dilakukan oleh mesin.

b.   Tabungan
Tabungan suatu Negara dipengaruhi oleh besar kecilnya pendapatan nasional, jika pendapatan meningkat maka kemungkinan adanya peningkatan atau kenaikan tabungan.
Tetapi sebaliknya jika pendapatan nasional suatu Negara menurun maka kemungkinan tabungan suatu Negara tersebut ikut turun. Tetapi itu semua lebih dipengaruhi oleh konsumsi.

c.   Suku bunga
Faktor makro ekonomi seperti suku bunga SBI dan kurs valuta asing tidak dapat dihindarkan dari perekonomian suatu negara. Faktor makro ekonomi ini dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap perekonomian. Suku bunga SBI, dan kurs valuta asing juga dapat mempengaruhi laba dan tingkat pengembalian modal atau Return On Equity (ROE) suatu perusahaan khususnya perusahaan perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat inflasi, suku bunga SBI dan kurs valuta asing terhadap Return On Equity (ROE).

d.   Tingkat Inflasi
Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai factor seperti konsumsi masyarakat meningkat, lebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi bahkan spekulasi serta adanya ketidaklancarnya distribusi barang.

Pengaruh positif:
Perputaran barang lebih cepat, produksi barang bertambah karena keuntungan pengusaha bertambah, kesempatan kerja bertambah karena terjadinya tambahan investasi, pendapatan nominal bertambah.

Pengaruh negatif:
Harga barang dan jasa naik, nilai dan kepercayaan terhadap mata unag menurun, menimbulkan tindakan spekulasi, banyak proyek pembangunan macet, dan kesadaran menabung masyarakat berkurang.

e.   Pengaruh pemerintah
Pengeluaran pemerintah disini meliputu pembelian barabg dan jasa yang dilakukan pemerintah.  Pemerintah bertujuan untuk membenahi Negara dengan melakukan pembangunan di berbagai tempat, seperti gedung sekolah, dan pensiun, bea siswa bagi para siswa yang tidak mampu, yang semuanya itu untuk memajukan Negara kita ini, jauh dari buta huruf, jauh dari kemiskinan, serta memiliki kesejahteraan.

Demikian yang bisa saya tuangkan di blog ini, jika ada yang salah mohon dimaafkan dan kritik saran sangat diharapkan, terima kasih.