Senin, 23 Maret 2015

AKUNTANSI DALAM PRESPEKTIF GLOBAL

Pengertian akuntansi secara umum adalah pengukuran, penjabaran,  atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan didalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintahan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai bahasa bisnis. Akuntasi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat supaya dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik dan lain-lain.


Akuntansi jikalau dilihat dari perspektif pelaksana adalah suatu alat untuk menyampaikan informasi keuangan dari sebuah entitas usaha yang melakukan kegiatan bisnis. Sedangkan jika dilihat dari segi perspektif pemakai, dengan adanya akuntansi dapat diperoleh informasi keuangan yang dibutuhkan. Jadi, akuntansi merupakan alat komunikasi. Peran akuntansi berbeda antar negara. Perbedaan peran ini dapat mempengaruhi orientasi dan kandungan informasi laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan di masing-masing negara, yang selanjutnya akan mempengaruhi cara interpretasi dan penggunaan laporan keuangan tersebut.

Akuntansi memiliki dua tipe, yaitu:
     1. Akuntansi manajemen, digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi manajemen dalam melaksanakan fungsi-fungsi perencanaan dan pengendalian serta pengambilan keputusan yang terkait dengan operasi perusahaan.
      2. Akuntansi keuangan, digunakan untuk memenuhi kebutuhan pemakai eksternal akan informasi keuangan yang terkait dengan perusahaan yang bersangkutan.

Ada tiga kekuatan utama yang mendorong bidang akuntansi ke dalam dimensi internasional yang terus berkembang, yaitu:
      1.     Faktor lingkungan
a)        Berfikir secara global.
b)       Ketergantungan perekonomian.
c)        Pasar modal global.
d)        Perusahaan multinasional.
e)        Operasi internasional yang menguntungkan.
f)        Teori yang tidak memadai.
g)        Kompetensi manajemen internasional.
h)        Rintangan akuntansi.
i)         Pendapatan dan rasio yang tidak dapat diperbandingkan.
j)         Kebutuhan akan standar internasional.
k)        Menara akuntansi.
l)         Beragamnya pembuatan standar.
m)       Ekonomi potitik dari akuntansi dunia.
n)        Relevance lost dari akuntansi dunia.
o)        Pendidikan dan riset.

      2.    Internasionalisasi Disiplin Akuntansi
a)    Spesialisasi.
b)   Sifat internasional dari sejumlah masalah teknis akuntansi.
c)    Alasan historis

     3.    Internasionalisasi Profesi Akuntansi
Standar laporan keuangan internasional:
a)    Peraturan standar laporan keuangan internasional 
b)   Peraturan standar akuntansi internasional tahun 
c)    Interpretasi yang berasal dari komite interpretasi laporan keuangan internasional 
d)   SIC
e)   Kerangka kerja untuk persiapan dan presentasi laporan keuangan.

Dampak diversifikasi internasional yaitu terdapat tendensi untuk melihat laba dan informasi keuangan yang lain dari perspektif yurisdiksi serta isu-isu akuntansi internasional menjadi lebih jelas ketika investor menggunakan informasi keuangan di dalam mempertimbangkan berbagai alternatif kesempatan investasi.

I.        Upaya Pemakai Laporan Keuangan Asing
Layanan yang diberikan oleh para penyusun laporan keuangan terhadap para pemakai non domestik merupakan hasil analisis cost-benefit. Demikian pula para pemakai merencanakan strategi bagaimana menghadapi informasi keuangan yang berasal dari negara lain.

II.      Investor
Para investor internasional yang tidak merasa terhalang oleh perbedaan akuntansi menunjukan bahwa mereka fokus pada perekonomian entitas-entitas asing , mengandalkan laporan keuangan lokal, atau sepenuhnya mengabaikan perbedaan akuntansi karena mereka menggunakan pendekatan investasi top-down. Negara-negara yang paling sering  disebut oleh para investor intitusional sebagai sebuah sumber perhatian ketika berinvestasi diluar negeri adalah Jerman, Jepang, dan Swiss.

III.    Underwriter
Underwriter adalah sebuah kelompok lain yang di survey dalam studi ini. Mayoritas Underwriter  yang di survey memandang diversitas akuntansi internasional sebagai sebuah masalah. Mereka menghadapi prinsi-prinsip akuntansi dan perbedaan diklosur dengan berbagai cara. Underwriter dapat memberikan nasihat tentang praktik-praktik dan lingkungan bisnis di negara penerbit.

IV.      Regulator Pasar
Para regulator pasar merupakan suatu kategori pemakai penting yang lain karena mereka dapat secara langsung mempengaruhi tipe dan volume sekuritas asing yang dapat diterbitkan dan diperdagangkan dalam yuridikasi mereka.

Perspektif global merupakan pandangan yang timbul dari kesadaran bahwa dalam     kehidupan ini segala sesuatu selalu berkaitan dengan isu global. Orang sudah tidak memungkinkan lagi bisa mengisolasi diri dari pengaruh global. Manusia merupakan bagian dari pergerakan dunia, oleh karena itu harus memperhatikan kepentingan sesama warga dunia. Tujuan umum pengetahuan tentang perspektif global adalah selain untuk menambah wawasan juga untuk menghindarkan diri dari cara berpikir sempit, terkotak oleh batas-batas subyektif, primordial (lokalitas) seperti perbedaan warna kulit, ras, nasionalisme yang sempit, dan lain-lain.

Menurut para ahli perspektif global diartikan sebagai:
Ø  Menurut Sumaatmadja dan Winardit (1999) dalam Bawa Atmadja (2007)  mengungkapkan bahwa pengertian perspektif global adalah suatu cara pandang dan cara berperilaku terhadap suatu masalah atau kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global, yakni dari sisi kepentingan dunia atau internasional.
Ø  Menurut Suhanadji dan Waspada TS (2004) mengungkapkan bahwa perspektif global adalah cara pandang atau wawasan untuk melihat dunia saat ini sangat dipengaruhi oleh arus global. Sehingga semua bangsa menjadi saling ketergantungan, saling mempengaruhi dan saling berhubungan diantara berbagai kebudayaan, sistem ekologi, politik, ekonomi dan teknologi dalam konteks global. Kebudayaan di dunia ini sangat beragam antar berbagai belahan negara di dunia. Dimana masing-masing kebudayaan tersebut memiliki ciri khas tersendiri.

Melihat dari beberapa pengertian di atas, maka dapat dilihat ciri-ciri orang yang mempunyai wawasan global antara lain:
1.     Berpikir secara luas atau tidak terkotak-kotak.
2.    Mau bekerjasama atau berinteraksi secara harmonis (selaras).
3.    Mampu berkompetisi.

Perspektif Global Dari Praktik Akuntansi

   1.  Amerika
Dewasa ini, AS merupakan kekuatan yang gemilang dalam akuntansi global. AS lebih baik dari negara-negara lain dalam hal pengeluaran riset akuntansi, jumlah publikasi akuntansi, dan lulusan perguruan tinggi yang memiliki konsentrasi akuntansi.

   2.  Inggris
United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland terdiri dari empat negara, Inggris, Skotlandia, Wales, dan Pulau Utara. Walaupun UK memiliki sistem hukum dan kebijakan moneter dan fiskal serta aturan-aturan dan regulasi-regulasi sosial tunggal yang terpadu, perbedaan-perbedaan individual tetap ada di dalam keempat negara tersebut. Aktivitas perusahaan yang didirikan di UK diatur secara luas oleh perundang-undangan yang bernama Companies Acts, yang merupakan hukum nasional. Legislasi yang menonjol adalah Companies Acts 1948, yang selanjutnya diamandemenkan secara substansial pada tahun 1967, 1976, 1980, dan 1981. Companies Act 1985 mengkonsolidasikan dan secara signifikan memperluas legilasi-legilasi sebelumnya dengan amandemen tambahan penting yang muncul tahun 1989. Tahun-tahun legislasi ini mengindikasikan tingginya frekuensi diperbaharuinya dan/atau diamandemenkan legislasi perusahaan-perusahaan Inggris. Yang perlu dicatat bahwa amandemennya tahun 1981 membawa ketentuan-ketentuandirective ke-4 EC kedalam hukum perusahaan Inggris dan amandemen tahun 1989 secara khusus mengakui ketentuan-ketentuan dari directive ke-7 dan ke-8 EC.

   3.  Jepang
Akuntansi dan pelaporan keuangan Jepang merupakan bunga rampai dari begitu banyak eksternalitas domestik dan internasional. Di permukaan, laporan keuangan korporasi Jepang tampaknya mirip dengan perusahaan-perusahaan sejenis dari Inggris-Amerika. Namun, sebenarnya, kandungan informasi laporan keuangan korporasi Jepang berbeda secara substansial. Penyusunan standar akuntansi di Jepang terutama merupakan fungsi pemerintah dengan sejumlah input pendukung dari JICPA. Semua perusahaan yang dibentuk berdasarkan undang-undang komersial diwajibkan untuk memenuhi ketentuan-ketentuan akuntansinya, yang terkandung dalam “peraturan-peraturan” yang berkaitan dengan :
1)       Neraca
2)      Laporan Laba Rugi
3)      Laporan Bisnis
4)      Usulan bagi Pembagian Laba
5)      Skedul-skedul Pendukung

    4.  Australia
Tradisi dan kebiasaan Inggris memberi ciri yang signifikan pada Australia walaupun akhir-akhir ini Australia lebih cenderung mengara ke pola Amerika. Perbedaan-perbedaan akuntansi keuangan dan praktik-praktik pelaporan antara Inggris dan Australia semakin meningkat. Gagasan Pan-Pasik sedang tumbuh di Australia, gagasan Komunitas Eropa tumbuh di Inggris. Dua badan akuntansi profesional Australia adalah Institute of Chartered Accountants in Australia (ICAA) dan Australian Society of Accountants (ASA). ICAA memiliki keanggotaan kira-kira 20.000 dan terkait erat dengan audit dan praktik publik. Keanggotaan ASA kira-kira 60.000, terutama wakil dari sektor publik. 




















Soal & Jawaban:
1.     Ada tiga kekuatan utama yang mendorong bidang akuntansi ke dalam dimensi internasional yang terus berkembang, yaitu kecuali…
a. Faktor lingkungan             b. Internasionalisasi Disiplin Akuntansi
c. Faktor globalisasi             d. Internasionalisasi Profesi Akuntansi
Jawaban C
2.    Tipe-tipe akuntansi terdiri dari…
a. Akuntansi Keuangan          b. Jawaban a dan c salah
c. Akuntansi Manajemen        d. Jawaban a dan c benar
Jawaban D
3.    Ciri-ciri orang yang mempunyai wawasan global adalah, kecuali…
a.    Mampu mengambil resiko
b.    Mampu berkompetisi
c.    Mau bekerjasama atau berinteraksi secara harmonis
d.    Berpikir secara luas atau tidak terkotak-kotak
Jawaban A
4.    Badan akuntansi profesional Australia adalah
a.    Australian Society of Accountants
b.    Institute of Chartered Accountants in Australia
c.    a dan b benar
d.    a dan b salah
Jawaban C
5.    Internasionalisasi disiplin akuntansi terdiri dari, kecuali…
a.    Sifat internasional dari sejumlah masalah teknis akuntansi
b.    Bekerjasama atau berinteraksi dengan negara lain
c.    Spesialisasi
d.    Alasan historis
Jawaban B